Cara menggunakan UI pada OnGUI dan pengenalan tipe-tipe data
UI pada OnGUI
Langkah pertama, yang
harus kita lakukan yaitu membuat project Unity, untuk Unity yang akan saya
gunakan adalah Unity versi 2020.3.15. Buat project baru dengan nama Belajar
Unity.
Langkah Kedua, setelah project terbuka selanjutnya tambahkan C# Scripts pada asset dengan nama HelloWorld.
Langkah ketiga, setelah menambahkan C# Script maka tinggal double click saja pada file tersebut maka akan langsung diarahkan untuk membuka Visual Studio Code, lalu tinggal tambahkan code sebagai berikut.
using System.Collections;
using System.Collections.Generic;
using UnityEngine;
public class HelloWorld : MonoBehaviour
{
public string IsiTeks;
private void OnGUI()
{
GUILayout.BeginArea(new Rect(100, 100, 300, 50));
GUILayout.Label(IsiTeks);
GUILayout.EndArea();
}
}
Langkah Terakhir, masukan
teks pada inspector Main Camera > Hello World (Script)
pengenalan tipe-tipe data
Langkah pertama,
buat C# Script untuk pengenalan tipe data seperti berikut.
Langkah kedua, double click pada file TipeData yang sudah dibuat
tadi lalu tambahkan code sebagai berikut.
Langkah tiga, ganti Script HelloWorld pada Main Camera menjadi Script TipeData dengan cara remove component script terlebih dahulu lalu tambahkan script seperti cara sebelumnya.
Langkah terakhir, masukan nilai pada label yang telah dibuat pada Script Tipe Data. Setelah dimasukan maka tampilannya akan menjadi sebagai berikut.
using System.Collections;
using System.Collections.Generic;
using UnityEngine;
public class TipeData : MonoBehaviour
{
// Tipe Data
public int bilanganBulat;
public float bilanganDesimal;
public char karakter;
public string teks;
public enum vote { Bagus, Lumayan, Buruk };
public vote komentar;
string keterangan;
public Vector2 koordinat2D;
public Vector3 koordinat3D;
private void Start()
{
if (komentar == vote.Bagus)
{
keterangan = "Bagus Sekali . . .";
}
else
{
keterangan = "Lumayan";
}
}
private void OnGUI()
{
GUILayout.BeginArea(new Rect(15, 10, 200, 300));
GUILayout.Label("Bilangan Bulat: " + bilanganBulat.ToString());
GUILayout.Label("Bilangan Desimal: " + bilanganDesimal.ToString());
GUILayout.Label("Satu Karakter: " + karakter.ToString());
GUILayout.Label("Tulisan: " + teks.ToString());
GUILayout.Label("Komentar: " + keterangan.ToString());
GUILayout.Label("2D: " + koordinat2D.ToString());
GUILayout.Label("3D: " + koordinat3D.ToString());
GUILayout.EndArea();
}
}
Sekian yang dapat penulis sampaikan
Terima Kasih . . .
Website Universitas Budi Luhur : Website Universitas Budi Luhur
Komentar
Posting Komentar